TIPS MENJAGA KESEHATAN ALAT VITAL KAUM WANITA

Menjaga kesehatan daerah kewanitaan (vagina), bukan merupakan pekerjaan yang mudah memang. Dibutuhkan ketekunan dan ketelitian dalam perawatannya. Masalah yang paling sering muncul adalah mengenai keputihan. Keputihan sendiri dapat merupakan sesuatu yang normal terjadi. Bahkan, produksinya dapat meningkat jika seorang wanita sedang mengalami peningkatan jumlah hormon di saat sekitar masa menstruasi atau saat hamil, mendapatkan rangsangan seksual, mengalami stres atau kelelahan berlebihan, dan sedang menggunakan obat-obatan tertentu atau alat kontrasepsi.

Agar daerah kewanitaan tetap sehat dan tidak terjadi masalah keputihan yang tidak normal, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1. Sebaiknya pengguanaan pakaian dalam yang terbuat dari bahan katun atau sutra daripada bahan sintetis. Gantilah pakaian dalam rutin setiap hari.
2. Hindarilah terlalu lama menggunakan pakaian ketat (celana ketat spt jeans) atau stocking sebab dapat meningkatkan kelembaban daerah kewanitaan dan mempermudah iritasi, pertumbuhan bakteri dan jamur.
3. Jauhi barang produk seperti semprot kewanitaan, tisu warna yang mengandung pewangi, pembalut wanita yang mengandung pewangi. Barang-barang tersebut dapat menyebabkan iritasi daerah vagina karena zat kimia yang terkandung didalamnya.
4. Bila sedang memakai pembalut, gantilah pembalut secara rutin 2-3x sehari/jangan menggunakan pembalut lebih dari 8 jam. Hal tersebut dapat menyebabkan peningkatan akumulasi bakteri pada vagina dan justru bisa menimbulkan masalah kesehatan yang lebih serius.
5. Mencuci dan membilas pakaian dalam 2x dengan bersih sehingga tidak ada bahan iritan yang masih menempel seperti deterjen atau pengharum pakaian.
6. Hindari penggunaan sabun pewangi, cairan pewangi, bedak di sekitar area kewanitaan.
7. Pada dasarnya, cairan vagina merupakan pelumas alami yang berfungsi untuk mengurangi risiko terjadinya lecet maupun iritasi saat berhubungan seksual. Namun, tambahan pelumas kadang diperlukan bila produksi cairan vagina tersebut kurang adekuat misalnya pada usia lanjut. Dengan cara ini kesehatan Vagina akan lebih terasa.
8. Membersihkan dan mencuci daerah kewanitaan dengan arah dari depan ke belakang unutuk menghindari pindahnya bakteri dari bagian anus ke area kewanitaan.
9. Jangan melakukan vaginal douching ini dapat menimbulkan iritasi dan menghilangkan bakteri yang baik, yang berguna menjaga daerah kewanitaan tetap sehat.
10. Mencukur rambut vagina anda secara teratur dengan alat cukur yang sterill. Rambut yang terlalu lebat di area vagina terkadang bisa menjadi tempat bersarangnya kuman jika tidak telaten menjaga kebersihannya.
11. Jangan suka ganti-ganti pasangan seksual ingat penyakit kelamin, dan tidak melakukan hubungan sex di luar nikah.
12. Perhatikan pula menu makan Anda untuk menjaga kesehatan serta merawat vagina. Anda mungkin tidak menyadarinya, tapi makanan serta  minuman yang tidak sehat dapat mempengaruhi kesehatan vagina serta reproduksi. Sebaliknya, beberapa jenis minuman justru dapat membantu mengatasi masalah kesehatan vagina Anda juga bisa merawat vagina seperti : jus cranberry atau yogurt yang dapat mencegah infeksi pada vagina.

Adapun untuk perawatan kewanitaan dengan mempergunakan bahan-bahan alami bisa Anda simak berikut ini :

a. Dengan Daun Kemangi yang mengandung euganol akan mampu membunuh kuman dan jamur penyebab aroma tidak sedap pada daerah kewanitaan. Selain mengandung euganol, daun kemangi juga mengandung minyak atsiri yang berguna untuk mengharumkan daerah kewanitaan. Caranya dengan mengkonsumsi daun kemangi sebagai lalapan atau diolah menjadi jus.
b. Menggunakan Daun Sirih yang mengandung zat antiseptik dan euganol yang mampu membunuh kuman penyebab bau tak sedap pada daerah kewanitaan. Caranya dengan mengolahnya menjadi ramuan pewangi daerah kewanitaan. Ambil 5-10 lembar daun sirih, cuci bersih dan rebus dengan air hingga mendidih. Biarkan sampai dingin kemudian gunakan untuk membasuh daerah kewanitaan setiap pagi dan malam sebelum tidur. Lakukan secara rutin, jika sudah mencapai hasil yang diinginkan maka kurangi penggunaannya.
c. Memakai Daun Pandan manfaat minyak atsiri dan euganol yang terkandung di dalamnya mampu membunuh kuman penyebab aroma tidak sedap pada daerah kewanitaan. Caranya dengan mengkonsumsinya sebagai minuman. Ambil 10 lembar daun pandan, cuci bersih kemudian tumbuk sampai halus dan kemudian diperas sambil disaring. Hasil perasannya dicampur dengan madu dan beri sedikit garam. Kemudian minum setiap hari sebelum tidur, lakukan hingga memperoleh hasil yang Anda inginkan.
d. Daun Lidah Buaya biasanya digunakan sebagai bahan untuk menyuburkan dan menghitamkan rambut, ternyata dapat juga mengharumkan daerah kewanitaan. Seperti halnya daun kemangi, sirih dan pandan. Lidah buaya juga mengandung euganol dan minyak atsiri yang mampu membunuh kuman penyebab bau tak sedap. Caranya, ambil lidah buaya kemudian cuci sampai bersih. Tumbuk sampai halus dan campur dengan madu secukupnya. Minum setiap hari sebelum tidur hingga memperoleh hasil yang diinginkan.

e. Campuran Buah Srikaya dan Kunyit putih
Caranya ambil 1 buah srikaya, pisahkan dengan bijinya. Tambahkan dengan kunyit putih yang telah dicuci bersih dan diiris halus secukupnya. Seduh racikan tersebut dengan segelas air panas. Diamkan sebentar dan minum ramuan tradisional tersebut selama seminggu berturut-turut. Cara ini juga dapat membuat kewanitaan Anda menjadi lebih sehat, tidak becek serta keset sehingga akan menjadikan suami tambah merasa.....karena apa?.

Itulah beberapa tips serta cara merawat alat vital wanita secara alami dan tidak berbahaya, semoga tips diatas berguna bagi anda untuk bisa merawat kewanitaannya dengan lebih baik, sehingga tidak akan ada keluhan lagi untuk vagina anda dimasa yang akan datang.
Bagi Anda yang ingin mendapatkan kepuasan untuk merawat vagina tentunya berkonsultasi dengan dokter spesialist adalah pilihan yang paling tepat.
Harta yang sangat berharga bagi wanita adalah Mahkotanya yakni tak lain adalah Kewanitaannya.

5 comments:

  1. Para kaum wanita wajib mengetahuinya. Sangat berguna sekali krn kshtn mahal hrganya tp lebih mahal kesakitan

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul ms gendon yang jelas kesehatannya itu yg sangat penting

      Delete
  2. istriku hrs dikasih tau nih, biar tambah maknyussss wkwkwkw. thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha maknyos ya,ya,ya smg mnjd psgn y harmonis bos

      Delete
  3. sangat berguna sekali

    ReplyDelete